Pages

Saturday 1 October 2011

MENU DESSERT ASINAN BUAH

Musim kemarau yang belum berakhir sampai awal bulan Oktober ini menginspirasi saya untuk membuat sesuatu yang segar-segar dinikmati siang hari selepas pulang kerja. Awalnya sempat terpikir untuk membuat es buah...tapi saya rasa menu dessert itu terlalu sering saya sajikan saat ramadhan bulan lalu.
Apa ya yang bisa jadi menu dessert yang berbeda dari sebelumnya??? Saat saya sampai di pasar selepas pulang kerja, saya mampir membeli buah2an dan baru terinspirasi untuk membuat asinan. Pernah suatu ketika dahuluuuuuuu saya bertemu saudara dari Bogor trus saya tanya makanan khas dari Bogor tuh apa? Waaahhh dengan senang hati dia mengajari saya membuat Asinan Bogor. Dari pengalaman itulah kali ini saya terinspirasi membuat asinan untuk dessert. Naaahhh kalau menu dessert saya kali ini adalah asinan buah hasil modifikasi ala sayaaaaa.... check it out
ASINAN BUAH ALA CHEF MAYNINGRUM
Bahan ::::
2 buah Bengkoang kupas iris kotak kecil
1 buah Nanas kupas ambil dagingnya iris tipis
3 buah Kedondong ukuran besar iris bentuk korek api
2 buah Mentimun buang bijinya lalu cacah kasar
1 buah Mangga muda iris tipis
¼ buah Pepaya setengah matang iris kotak kecil
Kacang tanah goreng untuk pelengkap
Kuah :::::
4 buah Cabai merah
2 buah Cabai rawit
3 biji Asam Jawa
4 sdm Cuka
2 siung Bawang putih bakar sebentar
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
Air matang secukupnya
C ara Membuat ::::
1. Haluskan garam, gula, asam jawa, cabai merah, cabai rawit, bawang putih bakar
2. Setelah betul-betul halus baru masukkan cuka aduk rata
3. Diamkan selama 15 menit lalu masukkan air matang
4. Siapkan bahan-bahan buah iris kemudian siram dengan kuahnya aduk rata
5. Masukkan ke dalam lemari pendingin semalaman agar bumbu kuah meresap
6. Sajikan dengan ditaburi kacang tanah goreng
Selamat mencoba resep menu dessert dari saya.........hhmmmm yummiiiiii....

No comments:

Post a Comment