Pages

Sunday 8 May 2011

TRIK MEMBANGUN PE-DE

5 TEKNIK MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI

            Perasaan tidak percaya diri seringkali datang menghinggapi setiap orang pada umumnya. Rasa tidak percaya diri ini sebenarnya disebabkan karena kehilangan suatu kepercayaan terhadap potensi yang ada di dalam diri sendiri. Misalnya merasa tidak cantik atau tidak ganteng, merasa kurang pandai, merasa tidak terkenal, dan perasaan-perasaan negatif lainnya terhadap diri sendiri. Padahal setiap manusia itu diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang sempurna. Jadi sudah seharusnya setiap orang yakin bahwa dirinya memiliki potensi dan kelebihan. Semua itu tergantung pada kita sendiri bagaimana cara menggali potensi yang kita miliki. Salah satunya harus menjadi orang yang percaya pada diri sendiri.
            Membangun rasa percaya diri memang tidak semudah yang kita bayangkan apabila kita tidak mengenali diri sendiri untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kita mesing-masing. Akan sia-sia segala potensi yang ada dalam diri kita apabila kita telah di kalahkan oleh rasa tidak percaya diri. Jadi segeralah bercermin untuk mencari potensi dan kelebihan yang ada dalam diri sendiri dan mencoba untuk menjadi orang yang lebih percaya diri. Berikut ini beberapa teknik membangun rasa percaya diri di depan umum.
1.      Berusaha duduk pada barisan paling depan
Membangun rasa percaya diri dengan duduk di barisan paling depan adalah cara yang efektif, karena duduk pada barisan paling depan otomatis kita akan dilihat oleh banyak orang di belakang kita. Selain itu duduk di barisan paling depan banyak mendatangkan keuntungan, diantaranya mendapatkan informasi lebih cepat dan jelas, serta tidak cepat mendatangkan rasa kantuk.
2.     Lakukan kontak mata saat bicara
Memandang mata lawan bicara kita merupakan bentuk "keberanian" untuk melakukan percakapan dengan penuh perhatian. Memandang mata lawan bicara secara tidak langsung akan membangun rasa percaya diri bahwa kita dapat melakukan komunikasi dengan orang lain. Memandang mata lawan bicara juga efektif untuk menjaga kesopanan agar mata kita tidak jelalatan ketika berbicara yang menunjukkan bahwa kita tidak respek dan tidak memperhatikan lawan bicara kita.
3.     Berjalan lebih cekatan
Setiap langkah kaki kita menunjukkan kemana kita akan pergi. Apabila kita ragu-ragu dalam berjalan maka akan terlihat bahwa kita ragu-ragu menentukan pilihan kemana kita akan pergi. Sebaliknya apabila kita mantap dan cekatan saat kita melangkah berarti kita telah mantap pada pilihan kita. Berjalan dengan langkah yang mantap dan cekatan menunjukkan bahwa kita telah percaya diri.
4.      Bicaralah terus terang (jangan munafik)
Bicara dengan jujur apa adanya tentang diri kita adalah salah satu cara membangun rasa percaya diri. Bicaralah secara terus terang tentang diri sendiri, bahwa kita tidak malu kalau kita misalnya bukan orang kaya. Jangan malu untuk tetap menjadi diri kita sendiri (be your self)
5.     Selalu ramah dan banyak tersenyum
Bersikap ramah terhadap orang lain dan tersenyumlah maka itu modal utama kita dalam membangun rasa percaya diri untuk bersosialisasi. Tidak ada orang yang suka melihat wajah cemberut dan orang lain pasti akan enggan menyapa kita yang sedang cemberut. Jadi mulai sekarang beramah tamahlah dan selalu tersenyum agar kita percaya diri bahwa kita memiliki kemampuan bersosialisasi dengan orang lain.
By : N1nK_RooM     
Lakukanlah sesuatu yang dapat dilakukan sekarang juga, karena menunda adalah cara termudah tapi bukanlah suatu hal yang menguntungkan bagi kita
Folded Corner: Lakukanlah sesuatu yang dapat dilakukan sekarang juga, karena menunda adalah cara termudah tapi bukanlah suatu hal yang menguntungkan bagi kita
 

No comments:

Post a Comment